Cara Setting Wireless Router TP-Link

Cara Setting Wireless Router TP-Link

Belajar Komputer hari ini mem-posting postingan mengenai networking ialah tips setting wireless router TP-Link. Disini tak terlalu rumit dalam mengkonfigurasikan baik sebagai client maupun sebagai gateway wifi / biasa dikenal sebagai hotspot.

Baik  Engkau  langsung saja, sebelum  Engkau  meperbuat konfigurasi ada baiknya kami menentukan terlebih dahulu topologi supaya supaya gampang dalam memahaminya :
Berikut fotoan topologinya :

Untuk konfigurasinya sebagai berikut :

    Untuk lebih mempermudah kami dalam meperbuat penyettingan wireless router, terlebih dahulu kami setting alamat komputer / laptop kami menjadi 192.168.1.2 sebab dalam keadaan default TP-Link Wireless Router mempunyai alamat 192.168.1.1 jadi kami men setting komputer kami dengan alamat tak sama, ingat kalau alamatharus bersifat unik dalam pengertian tak ada smartphone network yang sama alamatnya.

    Buka browser Anda, dalam faktor ini saya menggunakan mozilla firefox kemudian inputkan IP Address (alamat) dari Wireless Router tadi ialah 192.168.1.1 ke address bar browser  Engkau  kemudian tekan enter.


    Masukkan username : admin & password : admin maka bakal timbul interface dari Wireless Router TP-Link. (butuh diketahui kalau wireless router ini kami bakal hubungkan dengan modem ADSL, pada umumnya IP Address default dari modem ialah 192.168.1.1 jadi kamiharus mengganti IP Address yang berada di wireless router yang bakal kami setting lebih lanjut, untuk mudahnya kami beri saja alamat wireless router menjadi 192.168.2.1 & alamat komputer/laptop kami ubah menkadi 192.168.2.2 supaya kamiBisa melanjutkan settingan kepada wireless router).
    Pilih menu Network > LAN  isikan alamat semacam diatas kemudian Subnet Mask : 255.255.255.0


    Restart Wireless Router TP-Link dengan memilih menu System Tools > Reboot kemudian tunggu berbagai saat kemudian masuk ke sistem Wireless router TP-Link semacam langkah awal.

    Seusai masuk ke interface administrator, pilih menu Quick Setup kemudian next & isikan settingan sebagai berikut :

        Wireless Radio : Enable
        SSID : TP-Link_DE3896 (bisa diisi sembarang sesuai nama hotspot Anda)
        Region : Indonesia
        Channel : 6 (sesuaikan : channel yang belum dipergunakan dikurang lebih hotspot Anda)
        Mode : 54Mbps (802.11g)
        Next

    Selanjutnya ialah setting Gateway & DNS dengan memilih menu Network > WAN (sesuaikan dengan modem ADSL Anda).

        Klik Renew dibagian Gateway & isikan IP Address modem ialah 192.168.1.1
        Checklist tahap Use These DNS Server isikan DNS Server yang terdekat di wilayah  Engkau  umpama untuk indonesia timur saya menggunakan untuk Primary DNS : 203.130.193.74 & Secondary DNS : 203.130.196.155
        Save untuk menyimpan hasil settingan.

    Langkah selanjutnya ialah setting security wireless router nya supaya orang yang berhak yangBisa menggunakan koneksi, pilih menu Wireless > Wireless Setting :


        Beri tanda centang Enable Wireless Security
        Security Type : WEP
        Security Option : Automatic
        WEP Key Format : Hexadecimal
        Key1: 1234567890 (bisa diganti); Key Type: 64bit

    Langkah terbaru ialah dengan menyetting DHCP server supaya client setips otomatis menbisakan IP Address sendiri, ialah pilih menu DHCP > DHCP Setting kemudian isikan range IP Address (sesuaikan berapa komputer/laptop yang bakal terhubung) umpama Start IP Address : 192.168.2.2 & End IP Address : 192.168.2.10 berarti IP Address (alamat) yang digunakan oleh client baik terhubung menggunakan wifi / kabel bakal menempati alamat 2 hingga dengan 10.

    Save & Reboot untuk Wireless Router TP-Link  Engkau  & siap untuk digunakan.


Mudah bukan, langkah selanjutnya koneksikan Wireless Router TP-Link  Engkau  dengan Modem ADSL supaya kawan-kawanBisa menikmati layanan internet gratis :P. Semoga berguna.

No Response to "Cara Setting Wireless Router TP-Link"

Post a Comment